Monday, 27 Jun 2022

Sering Merasakan Nyeri Punggung? Ini 5 Makanan yang Bantu Menguatkan Tulang

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Usia tak hanya penanda angka, tetapi juga menentukan seberapa kuat struktur tulang. Menurut American Academy of Orthopedic Surgeons (AAOS), pada usia 40 tahun struktur tulang mulai kehilangan massa.

Usia tersebut tubuh berhenti menggantikan tulang tua sehingga kehilangan secara bertahap ini memengaruhi kemampuan Anda bergerak. Salah satu yang bikin punggung terasa nyeri, ialah kepadatan tulang menipis.

Angels Planells, RDN, juru bicara untuk Academy of Nutritions and Dietics dilansir Everyday Health, Kamis, 31 Maret, mengatakan bahwa apa yang kita makan dan aktivitas yang dilakukan selama bertahun-tahun berdampak pada kesehatan tulang.


Read More : Menurut Studi, Aroma Vanilla Membantu Menenangkan dan Mengurangi Kecemasan

Maka untuk membangun dan melindungi tulang tetap sehat, pastikan mengonsumsi makanan yang penting untuk kesehatan tulang berikut ini.

1. Kacang

Selain susu yang mengandung kalsium, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin D. Disamping itu, kacang juga mengandung beberapa kalsium tetapi yang paling dibutuhkan tulang dalam makanan ini adalah magnesium dan fosfor. Magnesium membantu tubuh Anda menyerap dan mempertahankan kalsium di tulang. Sementara fosfor adalah komponen utama dari tulang.

Kacang yang bisa Anda konsumsi antara lain kenari, kacang tanah, dan almond. Porsinya, segenggam kecil atau satu ons selalu menjadi takaran paling pas.

makanan yang menguatkan tulang

2. Biji-bijian

Biji-bijian juga menggenapkan kebutuhan tubuh akan serat. Makanan dari biji-bijian, mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda bermanfaat menurunkan kolesterol, peradangan, menjaga kesehatan otak, dan sistem saraf. Untuk tulang, kandungan magnesium, kalsium, dan fosfor dalam satu ons biji wijen sangat baik dikonsumsi.



Read More : Suka dengan Makanan dan Minuman Manis? Ini 5 Tanda Anda Kecanduan Gula

3. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous merupakan sayuran berdaun hijau silangan. Sayuran jenis ini menyediakan nutrisi untuk mendukung kesehatan tulang, seperti vitamin K dan kalsium. Anda bisa memakukkan bayam, lobak hijau, kangkung, kale, kubis, dan brokoli sebagai menu harian Anda untuk menguatkan tulang.

4. Kedelai

Baik kacang kedelai hingga edamame dan kedelai hitam menyajikan nutrisi pembentuk tulang. Pasalnya, kedelai mengandung tinggi magnesium, kalsium, dan fosfor. Banyak sekali makanan nabati berbahan kedelai, maka Anda akan lebih mudah membuat menu semakin variatif.

5. Ikan yang berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, rainbow trout bisa menyediakan vitamin D untuk tubuh. Menurut Planells, vitamin ‘sinar matahari’ ini berperan dalam pertumbuhan dan remodeling tulang.

Disamping kelima makanan di atas, Anda bisa menambahkan aktivitas berjemur matahari pagi untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

 

 





Loading...