Thursday, 25 Apr 2024

Survei LSI Denny JA Jateng Dan Jatim Jadi Tempat Perang Prabowo Vs Ganjar

news24xx


Survei LSI Denny JA  Jateng Dan Jatim Jadi Tempat  Perang  Prabowo Vs GanjarSurvei LSI Denny JA Jateng Dan Jatim Jadi Tempat Perang Prabowo Vs Ganjar
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Pemilih di Jawa Tengah dan Jawa Timur diprediksi bakal menjadi pertarungan antara capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan capres PDIP, Ganjar Pranowo, pada Pilpres 2024.

Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi satu dari lima daerah dengan populasi pemilih terbanyak pada Pilpres 2024, selain Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Utara. Jumlah pemilih di lima provinsi terbesar ini populasinya mencapai 57,6 persen dari populasi nasional.

Hal tersebut disampaikan peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, saat memaparkan rilis terbaru di Jakarta, Senin (29/5).

Baca juga : Survei LSI Denny JA: Untuk Isu Ekonomi, Ganjar Di Urutan 3

Ardian menjelaskan, di Jawa Barat, Prabowo Subianto unggul dengan meraih 29 persen, diikuti Anies Baswedan dengan perolehan 26,3 persen, dan Ganjar Pranowo dengan 15 persen. Di Jawa Timur, Ganjar Pranowo unggul dengan perolehan 35,3 persen, diikuti Prabowo Subianto dengan 20,2 persen, dan Anies Baswedan dengan 8,2 persen. 

Lalu, di Jawa Tengah, saat ini yang teratas adalah Ganjar Pranowo dengan perolehan 55,2 persen, diikuti Prabowo Subianto dengan 20,4 persen, dan Anies Baswedan 4,3 persen. Kemudian, di Sumatera Utara, saat ini Prabowo Subianto unggul dengan perolehan 50,0 persen, diikuti Anies Baswedan dengan 32,6 persen, dan Ganjar Pranowo dengan 16,2 persen. 

“Terakhir di Banten, Prabowo unggul dengan perolehan 48,2 persen, diikuti Anies Baswedan dengan perolehan 17,5 persen, dan Ganjar Pranowo dengan 17,5 persen,” katanya.

Baca juga : Airlangga Diuntungkan Isu Ekonomi Di Bursa Cawapres

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa Prabowo Subianto menang di tiga provinsi terbesar: Jawa Barat, Sumut, Banten, sedangkan Ganjar Pranowo menang di dua provinsi terbesar: Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Teritori Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi lumbung suara Ganjar Pranowo. Di dua provinsi ini, Ganjar mendapatkan dukungan terbesar. Namun, dominasi Ganjar di Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa tergerus. Ini akan terjadi jika di dua provinsi terbesar itu menjadi pertarungan relawan Jokowi pro Prabowo vs relawan Jokowi pro Ganjar,” terang Ardian.

Ardian menambahkan, dalam survey LSI Denny JA, selain isu teritori lima provinsi terbesar, masih ada isu lain jelang Pilpres 2024, yakni isu ekonomi, dukungan pemilih partai, dan pemilik akun media sosial, di mana Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan saling mengalahkan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...