Wednesday, 08 May 2024

WWF Ke 10 PUPR Dorong Pemimpin Negara Dunia Komitmen Atasi Masalah Air

news24xx


WWF Ke 10  PUPR Dorong Pemimpin Negara Dunia Komitmen Atasi Masalah AirWWF Ke 10 PUPR Dorong Pemimpin Negara Dunia Komitmen Atasi Masalah Air
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 atau Forum Air Tingkat Dunia digelar di Bali pada Mei 2024.

Sebagai tuan rumah WWF, Indonesia memiliki peran penting dalam menyediakan platform global bagi para pemangku kepentingan untuk membahas berbagai isu terkait pengelolaan air. 

“Forum ini merupakan kesempatan bagi negara-negara untuk berbagi pengalaman, inovasi, serta solusi dalam pengelolaan dan pemeliharaan sumber daya air, terutama dampak dari perubahan iklim yang semakin nyata,” kata Sekretaris Jenderal, Mohammad Zainal Fatah yang mewakili Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam program “Indonesia Bicara - Menuju World Water Forum 2024”, Kamis (25/4)

Baca juga : Ketua DPRD: Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan Di Nusa Penida

Di samping itu, WWF ke-10 yang mengusung tema “Water for Shared Prosperity” ini diharapkan menjadi momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinan dan komitmennya dalam upaya global mengatasi tantangan pengelolaan air. 

“WWF Ke 10 terdiri dari 3 proses utama, yaitu proses politik, proses regional, dan proses tematik yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait. Proses tematik terdiri dari 6 sub tema yang nantinya akan didiskusikan bersama untuk mencari common goals secara global,” tuturnya.

Adapun 6 sub-tema tersebut meliputi Water Security and Prosperity, Water for Humans and Nature, Disaster Risk Reduction and Management, Governance, Cooperation and Hydro-diplomacy, Sustainable Water Finance, dan Knowledge and Innovation. Sementara, proses regional meliputi Asia Pasifik, Amerika, Afrika, dan Mediterania. 

Baca juga : Jelang World Water Forum Ke-10, Indonesia Ajak Dunia Atasi Persoalan Air

Untuk proses politik terdiri dari 5 tingkat, yaitu Head of States, Parliamentarian, Ministerial, Local Authorities, dan Basin Authorities. 

“Setiap negara memiliki permasalahan dan fokus pengelolaan air masing-masing, sehingga pendekatan komprehensif secara regional perlu untuk dilakukan. Untuk proses politis, kebijakan pengelolaan air akan dibahas bertingkat mulai dari pelaksana hingga Kepala Negara,” tambah Zainal. 

Sekjen mengatakan, harapan bersama yang ingin dicapai melalui WWF 2024 di Bali, adalah terciptanya komitmen global yang lebih kuat dalam mengatasi tantangan pengelolaan sumber daya air. 

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Dorong Pembangunan Dua Jembatan Penghubung Mesuji dengan OKI

Selain itu, juga mendorong aksi yang lebih efektif dan berkelanjutan, serta memperkuat kerja sama internasional. 

“Melalui forum ini, Indonesia juga ingin mengangkat 4 deliverables outcomes yang akan menjadi legacy yaitu pendirian Centre of Excellence on Water and Climate Resilience (COE), dan pengarusutamaan Integrated Water Resources Management (IWRM) on Small Islands,” katanya.

Selain itu, akan dilakukan pula penetapan World Lake Day (WLD), dan pencantuman dalam Ministerial Declaration Compendium of Concrete Deliverables and Actions, dalam bentuk daftar kegiatan sebagai tindak lanjut konkrit dari WWF ke-10.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...