Saturday, 11 May 2024

Kemenag Luncurkan Senam Haji Indonesia Diikuti Lebih 28 Ribu Jemaah

news24xx


Kemenag Luncurkan Senam Haji Indonesia  Diikuti Lebih 28 Ribu JemaahKemenag Luncurkan Senam Haji Indonesia Diikuti Lebih 28 Ribu Jemaah
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar peluncuran Senam Haji Indonesia. Kegiatan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (28/4), dengan diikuti lebih dari 28 ribu jemaah haji Indonesia secara luring dan daring.

"Launching senam haji bagian dari ikhtiar menjaga kebugaran jemaah haji agar jemaah bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar, sehat dan bugar hingga sehat pula saat pulang," tutur Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani, saat memberi sambutan.

Menurut Ali Ramdhani, pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap faktor kesehatan dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Setidaknya, ada dua hal yang menjadi alasan mengapa faktor kesehatan menjadi perhatian. Pertama, kuota haji tahun ini mencapai 241.000 jemaah, terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan ibadah haji Indonesia.

Baca juga : H+3 Lebaran Penumpang Whoosh Masih Ramai, Diprediksi Volume Lebih dari 20 Ribu

"Dari jumlah itu, ada lebih dari 45.000 jemaah yang masuk kategori lanjut usia (lansia). Seperti 2023, tahun ini kita mengusung tagline Haji Ramah Lansia," kata Sekjen yang hadir mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kedua, ada lebih 770 jemaah haji yang wafat tahun lalu. Ini juga jumlah terbanyak dalam 10 tahun terakhir penyelenggaraan ibadah haji.

"Kesehatan jemaah haji menjadi concern. Kita ingin jemaah haji berangkat dalam keadaan sehat, bisa menunaikan ibadah haji dengan baik, dan pulang ke tanah air juga dalam keadaan sehat," tutur pria yang akrab disapa Kang Dhani ini.

Baca juga : Puncak Arus Mudik, Garuda Indonesia Group Terbangkan 82 Ribu Penumpang

Kang Dhani menyampaikan, gerakan Senam Haji dikemas untuk menjaga kebugaran dan ketahanan fisik jemaah. "Gerakan senam ini disusun berdasarkan kajian dan penelitian para pakar kesehatan agar bisa diterapkan untuk semua jemaah haji Indonesia," imbuh pria yang akrab disapa Kang Dhani.

Senada dengan Sekjen Kemenag, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menyampaikan, senam haji ini dirumuskan tim Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) dan Perhimpunan Dokter Spesialias Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Perdosri) dengan gerakan low impact.

"Perdokhi sudah mengatur sedemikian rupa, bisa diterapkan di rumah hingga saat perjalanan di pesawat ke Tanah Suci. Jenis senamnya low impact, bukan aerobik, yang menguras tenaga," ungkap Hilman.

Baca juga : Itel Indonesia Luncurkan Smartphone Gaming RS4, Harga 1,6 Jutaan

Meski low impact, gerakan senam haji diharapkan mampu menjadi bekal jemaah sebelum berangkat agar kondisi saat melaksanakan haji secara sempurna. "Senam ini juga dapat dilakukan jemaah selama berada di Tanah Suci," tutur Hilman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...