Thursday, 16 May 2024

Bamsoet Dukung Kerja Sama Lemigas Konsorsium Korea Bangun LNG Center di RI

news24xx


Bamsoet Dukung Kerja Sama Lemigas   Konsorsium Korea Bangun LNG Center di RIBamsoet Dukung Kerja Sama Lemigas Konsorsium Korea Bangun LNG Center di RI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana kerja sama antara Lemigas dengan konsorsium Korea dalam rangka peningkatan pemanfaatan Liquefied Natural Gas (LNG) di Indonesia. Konsorsium Korea tersebut terdiri dari Korean Institute of Industrial Technologies (KITECH), Korea Gas Safety Corporation (KGS), dan Korea Gas Technology Corporation (KOGAS-TECH).

"Hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Korea sudah terjalin lama di berbagai bidang. Kerja sama antara Lemigas dengan konsorsium Korea nantinya akan meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Korea di bidang energi, khususnya dalam hal minyak dan gas bumi. Termasuk mendukung transisi energi di Indonesia," ujar Bamsoet, usai menerima perwakilan konsorsium Korea, di Jakarta, Senin (29/4/24).

Baca juga : Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Hadir antara lain perwakilan KITECH Young Cheol Lee dan Jung Jinyong, perwakilan KOGAS-TECH Chul Hee Yu, Penghubung Komunitas Indonesia-Korea Selatan (Korea-Indonesia Association) Ali serta Koordinator Pengolahan Gas Bumi Lemigas Lisna Rosmayati.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, pada Juli 2022, Lemigas dan konsorsium Korea telah menandatangani letter of intent (LoI) untuk menjalin kerja sama mendirikan LNG Center di Indonesia. Lemigas akan menyediakan lahan untuk pendirian LNG Center, sementara konsorsium Korea akan menyediakan peralatan LNG Center, seperti alat pengujian LNG dan prosedur keselamatan pengoperasian fasilitas pengujian LNG, serta training center.

Baca juga : Bamsoet Ajak YouTube Kerja Sama Masifkan Konten Sosialisasi 4 Pilar MPR

"Pendirian LNG Center di Indonesia sejalan dengan arah kebijakan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Salah satunya meningkatkan peran gas alam dalam transisi energi. LNG Center akan fokus pada pengembangan infrastruktur gas alam, mulai dari jaringan pipa transmisi dan distribusi, LNG receiving terminal serta moda non pipa lainnya sehingga dapat dimanfaatkan lintas sektor," kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, saat ini dunia sedang menjalani proses transisi energi. Transisi energi merupakan proses panjang yang harus dilakukan oleh negara-negara di dunia untuk menekan emisi karbon yang dapat menyebabkan perubahan iklim. Gas bumi menjadi salah satu yang memegang peran penting dalam proses transisi energi.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembukaan Sirkuit Indoor Barcode Gokart

"Cadangan gas bumi yang dimiliki Indonesia saat ini lebih banyak dari pada cadangan minyak. Perlu terus dilakukan peningkatan kegiatan eksplorasi untuk menemukan cadangan gas bumi baru guna memenuhi kebutuhan gas bumi dalam negeri. Termasuk melakukan optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan gas bumi sebagai sumber energi alternatif utama dalam proses transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan." pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...