Friday, 17 May 2024

Daya Beli Masyarakat Tumbuh Industri Ritel Bangkit Lagi

news24xx


Daya Beli Masyarakat Tumbuh  Industri Ritel Bangkit LagiDaya Beli Masyarakat Tumbuh Industri Ritel Bangkit Lagi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Industri ritel atau eceran di Tanah Air sudah kembali pulih dan melebihi nilai pertumbuhan sebelum masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut dikatakan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Rabu 24 April, Cek di Sini Lokasinya

Menurut Agus, pulihnya sektor eceran tersebut menjadi bukti bahwa daya beli masyarakat terhadap produk yang dijual terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan indeks penjualan riil (IPR) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada Februari 2024, IPR tercatat meningkat mencapai 214,1 atau tumbuh 6,4 persen secara tahunan atau year on year (YoY).

Menurutnya, Kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh pertumbuhan sektor makanan, minuman, dan tembakau yang meningkat secara tahunan, yakni sebesar 9,1 persen. Ia menilai, adanya peningkatan kontribusi ketiga sektor itu didominasi oleh pembelian yang dilakukan oleh kelas menengah dan generasi milenial.

Baca juga : Rupiah Babak Belur, Impor Bahan Baku Industri Terancam

“Pangsa ritel yang signifikan yaitu kelas menengah. Kelas menengah memiliki daya beli yang tinggi dan generasi milenial juga yang memiliki kebiasaan belanja yang lebih besar," ujarnya.

Menurut dia, hadirnya beberapa toko ritel modern dapat menjadi peluang bagi para pelaku industri kecil menengah (IKM) agar bisa berperan sebagai penyuplai di toko ritel. Dengan tujuan produk yang dijual dapat dipasarkan lebih luas lagi.

Baca juga : Punya Efek Besar Buat Ekonomi, Menperin Kembangin Industri Hilir Logam

"Kita sudah ada regulasi dari pemerintah yaitu pedoman penataan dan pembinaan pasar tradisional pusat pembelanjaan dan toko modern, di mana beberapa ketentuan telah mewajibkan mengikutsertakan IKM," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...