Saturday, 18 May 2024

Pulau Tagulandang Nyaris Tenggelam Karena Erupsi Gunung Ruang Itu Mah Hoax

news24xx


Pulau Tagulandang Nyaris Tenggelam Karena Erupsi Gunung Ruang  Itu Mah HoaxPulau Tagulandang Nyaris Tenggelam Karena Erupsi Gunung Ruang Itu Mah Hoax
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Muhammad Wafid memastikan, berita atau narasi yang menyatakan Pulau Tagulandang akan tenggelam akibat erupsi Gunung Ruang adalah hoax. Wafid meminta masyarakat untuk tidak mempercayai isu tersebut.

"Gunung Ruang mengalami rangkaian erupsi, dengan erupsi terbesar pada tanggal 17 April dan 30 April 2024. Setelah erupsi paroksimal 30 April lalu, muncul berita yang tidak benar (hoax) yang menarasikan bahwa Pulau Tagulandang akan tenggelam akibat eruspi tersebut," jelas Wafid, Sabtu (4/5/2024).

Wafid menyebut, berita yang tidak benar itu telah meresahkan masyarakat, khususnya penduduk yang bermukim di Pulau Tagulandang.

Baca juga : Wapres Minta Warga Patuhi Arahan Relokasi Pasca-Erupsi Gunung Ruang

"Untuk itu, perlu disampaikan bahwa berita ini adalah tidak benar atau hoax," tegas Wafid.

Berdasarkan hasil pengamatan visual dan instrumental, pada 3 Mei 2024 hingga pukul 18.00 WITA, Gunung Ruang masih mengalami gempa letusan, gempa vulkanik dangkal, gempa vulkanik dalam, gempa tektonik jauh, serta tremor menerus dengan energi relatif kecil.

Secara visual, masih teramati asap kawah berwarna putih - kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi pada kisaran 100 - 300 m dari puncak kawah.

Baca juga : 301 KK Segera Direlokasi

"Ini menunjukkan, aktivitas Gunung Ruang masih tinggi, tetapi aktivitasnya menurun dari hari ke hari. Terutama, bila dibandingkan dengan erupsi 17 April 2024 dan 30 April 2024," jelas Wafid.

Terkait hal tersebut, Wafid meminta masyarakat untuk tetap tenang, dan tidak mempercayai berita meresahkan tersebut serta tidak menyebarluaskannya.

"Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa. Jangan terpancing isu-isu tentang erupsi," pesan Wafid.

Baca juga : Banteng Akar Rumput Dukung Bambang Pacul

Selain itu, masyarakat juga diminta mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia/Website PVMBG, dan mengontak langsung Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro untuk mendapatkan informasi yang benar.

Atau menghubungi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi di Bandung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...