Tuesday, 25 Jun 2024

TOP CSR Awards 2024 Inovasi CSR Dan ESG Untuk Bisnis Bekelanjutan

news24xx


TOP CSR Awards 2024  Inovasi CSR Dan ESG Untuk Bisnis BekelanjutanTOP CSR Awards 2024 Inovasi CSR Dan ESG Untuk Bisnis Bekelanjutan
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Penghargaan TOP CSR Awards 2024 telah diberikan kepada sejumlah perusahaan terkemuka dari berbagai sektor bisnis di Indonesia di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Penghargaan tersebut merupakan kesinambungan dari tahun-tahun sebelumnya sejak 2016, dan digelar oleh Majalah TopBusiness berkolaborasi dengan sejumlah lembaga.

Lembaga tersebut antara lain (PaGI) Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia, Asosiasi GRC, LKN (Lembaga Kajian Nawacita), CoreBest, MB Consulting (Mitra Bhadra Consulting), ISVI (Institut Shared Value Indonesia), SKB (Solusi Kinerja Bisnis), SDP (Sinergi Daya Prima), Dwika Consulting, Melani K. Harriman and Associate, serta beberapa pakar dan konsultan CSR.

Acara tersebut dihadiri oleh hampir 600 orang dari berbagai kalangan, termasuk para CEO atau pimpinan perusahaan yang memenangkan penghargaan tersebut. Ada beberapa perusahaan dengan performa CSR yang bagus dan tergolong CSR-nya yang paling top di Indonesia, serta mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.

Baca juga : Bank Syariah Didorong Jaga Ketahanan Dan Pertumbuhan Berkelanjutan

Di antaranya adalah BSI Maslahat, Kideco Jaya Agung, Multi Harapan Utama, MMS Group Indonesia, Chandra Asri Pacific, Petrokimia Gresik, Semen Indonesia (Persero) Tbk, Datang DSSP Power Indonesia, dan Pupuk Kalimantan Timur.

Selain itu, ada juga Indo Tambangraya Megah, Borneo Indobara, Bank BRI, AICE Group, Danareksa (Persero), Telen Orbit Prima, Haleyora Power, Hutama Karya, Migas Utama Jabar, Semesta Centramas, Antang Gunung Meratus, Peruri, PGN, Kawasan Industri Terpadu Batang, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Transportasi Gas Indonesia, Indocement Tunggal Prakarsa, Kutai Energi, Surya Energi Indotama dan banyak Perusahaan CSR terbaik lainnya.

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M. Lutfi Handayani mengatakan, tema yang diangkat untuk tahun 2024 ini adalah ‘CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth’, atau ‘Inovasi-Inovasi Program CSR dan ESG yang dapat mendukung tumbuhnya bisnis perusahaan secara berkelanjutan’.

CSR dan ESG diekspektasikan tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan, namun harus selaras dengan strategi bisnis, harus mendukung pencapaian target-target bisnis, agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

Baca juga : Olimpiade Paris 2024, Ini Wakil Indonesia Di Cabor Bulutangkis

Tema tersebut pun bertujuan mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengimplementasikan ESG dan CSR dengan mengadopsi ISO 26000 SR dan ESG. Perusahaan perlu lebih bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan dari operasional bisnis.

"Jika tanggung jawab tersebut berjalan, maka banyak masalah sosial-ekonomi di Indonesia teratasi dengan sendirinya," kata Lutfi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness tersebut.

Investor pun kini menuntun perusahaan untuk menjalankan ESG atau environment, social, and governance. Hal ini pun perlu diperhatikan agar bisnis bisa tumbuh sinambung, peduli sosial, dan bertata kelola baik.

Kegiatan TOP CSR Awards 2024 ini diikuti oleh hampir 1.000 perusahaan di Indonesia (long list kandidat pemenang). Kemudian, ada sekitar 190 perusahaan yang mendaftar, dan dari situ sebanyak 152 perusahaan yang mengikuti penilaian secara lengkap.

Baca juga : Punya Country Manager Baru, Visa, Indonesia Siap Pacu Bisnis Digital

Lutfi mengatakan, TOP CSR Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan bidang CSR yang tertinggi, terbesar dan paling membanggakan di Indonesia, yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL/Community Development, yang efektif dan berkualitas.

TOP CSR Awards pun bukan sekadar kegiatan penilaian dan pemberian perhargaan, namun mengandung banyak proses pembelajaran bersama, untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas CSR perusahaan.

Contoh proses pembelajaran itu, yakni adanya sesi ‘Nilai Tambah’ dalam kegiatan wawancara penjurian, yang terus dikembangkan dalam kegiatan award-award yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business atau MSI Group.

"Di dalam ‘Sesi Nilai Tambah’ ini, Dewan Juri memberikan rekomendasi dan saran perbaikan kepada para peserta, untuk meningkatkan kualitas CSR," papar Lutfi. Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...