Friday, 10 May 2024

Pemkab Tabanan Sukses Turunkan Angka Stunting Menjadi 6 3 Persen

news24xx


Pemkab Tabanan Sukses Turunkan Angka Stunting Menjadi 6 3 PersenPemkab Tabanan Sukses Turunkan Angka Stunting Menjadi 6 3 Persen
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati I Komang Gede Sanjaya berhasil menurunkan angka stunting hingga angka 6,3 persen. Angka ini sesuai data prevalensi status gizi Balita menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, dalam Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023.

"Saya mewakili masyarakat Tabanan ingin mengucapkan rasa syukur atas predikat yang kami raih ini. Terima kasih kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan program ini. Penururan angka stunting ini tentunya atas kolaborasi sinergi antara masyarakat dan pemerintah," tutur Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Sabtu (27/4).

Penurunan angka stunting di Tabanan menunjukkan kesuksesan dalam implementasi program-program kesehatan masyarakat yang terfokus pada gizi, kesehatan ibu dan anak, serta pemberdayaan masyarakat. Kata Komang, penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan anak-anak dan menciptakan generasi masa depan yang lebih sehat.

Baca juga : Ini Kunci Sukses Timnas U-23 Menurut Pelatih Persib

"Implementasi program-program kesehatan masyarakat di Tabanan telah melibatkan pendekatan multidimensi, termasuk edukasi gizi yang intensif, peningkatan akses terhadap makanan bergizi, pelayanan kesehatan yang berkualitas, serta pemantauan pertumbuhan anak secara berkala," papar Sanjaya.

Angka stunting di Tabanan terus menunjukkan penurunan yang berkelanjutan. Pada 2021, angka stunting mencapai 9,2 persen, kemudian turun menjadi 8,2 persen pada tahun 2022, dan kini mencapai angka terendah sebesar 6,3 persen pada tahun 2023. Hal ini menandakan bahwa upaya-upaya pencegahan stunting yang telah dilakukan telah memberikan hasil yang nyata dan membanggakan bagi masyarakat Tabanan.

"Salah satu faktor penuruan angka stunting adalah efektifnya program Bungan Desa. Jadi, Bupati dan beberapa Kepala Dinas secara langsung ngantor di balai desa, sehingga pelayanan kesehatan yang mendukung upaya pencegahan stunting bisa dimonitor. Ada pula program Semara Ratih yaitu catatan gemilang Pemerintah dalam mengatasi stunting, terbukti dengan ragam apresiasi yang diterima," ujar Sanjaya.

Baca juga : Perang Iran-Israel Turunkan Harga Bitcoin

Pembangunan infrastruktur menjadi bagian penting dalam upaya penurunan angka stunting. Pemkab memastikan bahwa akses terhadap layanan kesehatan dan gizi yang baik dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat. Seperti halnya program yang getol dilaksanakan oleh Bupati Tabanan, secara beragam dan berkala. Pencegahan stunting dari hulu, seperti program Semara Ratih yang memberikan edukasi bagi para calon pengantin mulai dari baru mau menikah, melalui konseling kesehatan dan lainnya.

"Pemkab adalah orang tua asuh untuk seluruh anak di Tabanan. Jadi kesejahteraan anak-anak adalah tanggung jawab kami. Pemerintah berkomitmen untuk terus mengupayakan berbagai langkah strategis untuk memastikan bahwa pencapaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa depan. Dengan kerja keras dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait lainnya, Tabanan telah membuktikan bahwa perubahan yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dapat terwujud," ungkapnya.

Dengan dukungan dan sinergitas dari berbagai lini, termasuk dukungan kuat dari Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan yang juga selaku Bunda PAUD Tabanan,

Baca juga : Elnusa Sukses Pertahankan Peringkat idAA dari Pefindo

Rai Wahyuni Sanjaya, yang bergerak beriringan sebagai Orang Tua Asuh Stunting bersama dengan Bupati Tabanan, secara konsisten berantas stunting dengan Pemberian PMT dan APE bagi anak-anak usia dini di Tabanan. Dengan keseriusan ini, Sanjaya Rai Wahyuni dinobatkan sebagai Orang Tua Hebat dari BKKBN Pusat.

"Semoga keberhasilan Tabanan dalam menurunkan angka stunting bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia. Pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh dari Tabanan diharapkan dapat dijadikan acuan bagi pemerintah daerah lain untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program-program serupa guna mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang serupa," tutup Sanjaya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...